Pondok Sukorejo Tetap Laksanakan Maulid Nabi

SYAMSUL A. HASAN Senin, 27 November 2017 08:08 WIB
353x ditampilkan Berita

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1439 H di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo, pelaksanaannya tetap sebagaimana biasa yaitu pada Malam Jum’at, 12 Rabiul Awal 1434 H atau 30 Nopember 20017 dan pada pagi harinya. Pelaksanaan tersebut walau hari Jum’at tetap dilaksanakan. “Jadi informasi di masyarakat yang mengatakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW diundur hari Sabtu, tidak benar,” ungkat Ustadz Karsono, MHI, ketua panitia pelaksana Maulid Nabi Muhammad SAW.

 

Menurut Karsono di beberapa daerah telah berkembang isu, bahwa peringatan Maulid Nabi di Pondok Sukorejo diundur hari Sabtu bukan hari Jum’at. Menurut Karsono, Pondok Sukorejo telah mentradisikan bahwa peringatan Maulid Nabi dilaksanakan pada malam tgl 12 Rabiul Awal dan pada pagi harinya. “Jadi yang menjadi acuan tanggal hijriyahnya bukan harinya,” tuturnya.

 

Karena pelaksanaan Maulid Nabi Muhammad tahun ini bertepatan dengan hari Jum’at, maka pelaksanaannya dilaksanakan lebih pagi; yaitu dimulai pada pukul 07.00 Wib di depan Kantor Pusat Pondok Sukorejo. Sedangkan pada malam harinya, tetap dilaksanakan di dua tempat; yaitu di Aula putra dengan penceramah KH. Hasan Syadili dari Probolinggo dan di putrid dengan penceramah KH. Jaiz Badri Masduqi dari Situbondo.

 

Pada Kamis Siang, pukul 13.00 WIB dilaksanakan Silaturrahim Pengasuh Pesantren dengan wali santri. Acara yang berlangsung di Aula putra tersebut akan diisi dengan Tanya jawab dan dialog seputar perkembangan pesantren.