Haul Untuk Kian Mempererat Ikatan Spritual dengan Para Masyayikh Sukorejo

SYAMSUL A. HASAN Senin, 4 Desember 2017 08:59 WIB
97x ditampilkan Berita

Pada Sabtu, 17 Jumadal Ula 1439 atau 3 Pebruari 2018 mendatang, Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah akan menyelenggarakan Haul Majemuk Masyayikh (KHR. Syamsul Arifin, KHR. As’ad Syamsul Arifin, dan KHR. Ach. Fawaid As’ad Syamsul Arifin serta keluarga besar Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah lainnya). Karena itu, KHR. Ach. Azaim Ibrahimy, pengasuh Pondok Sukorejo mengharapkan kepada seluruh santri, alumni, wali santri, dan simpatisan Sukorejo untuk menyumbangkan pembacaan al-Qur’an.

Sumbangan pembacaan al-Qur’an tersebut meliputi bacaan hataman seluruh al-Qur’an atau surat Al-Ikhlas. Bacaan Al-Qur’an tersebut dapat dibaca melalui pribadi individual maupun jamaah pengajian-pengajian. Hasil bacaan tersebut dapat dikirim via email haulsukorejo@yahoo.com atau sms ke 081336525050.

Khusus kepada alumni, Kiai Azaim berharap agar menghadiri acara alumni yang akan diadakan Jum’at, 2 Pebruari 2018. Reuni alumni ini sudah menjadi kesepakatan para alumni pada zaman Kiai Fawaid.

Kata Kiai Fawaid, ibarat lampu diesel, Pondok Sukorejo merupakan mesinnya sedangkan para santri merupakan lampu-lampu yang menerangi masyarakat dari kegelapan. “Karena itu, lampu-lampu tersebut harus selalu nyambung dengan mesinnya,” imbuh Kiai Fawaid.

Menurut Kiai Fawaid, salah satu kunci sukses seorang santri adalah selalu menjalin komunikasi dan berinteraksi. Setelah santri kembali ke masyarakatnya, hendaknya mereka menjalin komunikasi dengan cara bersilaturrahim kepada guru ngajinya dulu. Di samping itu, mereka juga harus selalu berinteraksi dengan para alumni yang tergabung dalam organisasi Ikatan Santri Alumni Salafiyah Syafi’iyah (Iksass).

Yang tak kalah pentingnya, para santri yang alumni harus juga selalu nyambung dengan Pondok Sukorejo. Menurut Kiai Fawaid, paling tidak, selama setahun alumni harus mendatangi Pondok Sukorejo ketika ada acara haul almarhumain. Sebelum haul, ada kegiatan reuni alumni. Kalau masih tidak sempat juga, para alumni harus mendatangi kegiatan Iksass di daerahnya masing-masing dan ketika acara haul harus mengkhatamkan al-Qur’an dan membaca Surat Al-Ikhlas.