Ustadz Munif Terpilih Jadi Ketua Umum Iksass

SYAMSUL A. HASAN Ahad, 13 Mei 2018 07:58 WIB
347x ditampilkan Berita

Ustadz Drs. Munif Shaleh, M.Ag terpilih kembali menjadi Ketua Umum Tanfidzi Pengurus Pusat Ikatan Santri Alumni Salafiyah Syafi’iyah (Iksass) Sukorejo Situbondo masa khidmah 2018-2022 pada acara Mubes IX tadi malam di Pondok Pesantren Darussalam Kalibaru Banyuwangi. “Kepada Ustadz Munif, selamat berkhidmah kembali di Iksass. Semoga menambah semangat baru di Mubes Kalibaru ini,” ucap KHR. Ach. Azaim Ibrahimy selaku ketua umum Majelis Syuri.

 

Ustadz Munif dipercaya kembali menjadi ketua umum, setelah ‘bersaing’ dengan Lora Syamsuddin, Ustadz Isfironi, Ustadz Zaini Akhsin, Ustadz Muhyiddin Khatib, Lora Fadlail, dan Ustadz Sunardi. Ketujuh nama tersebut hasil pilihan ketua rayon Iksass se-Nusantara. Masing-masing utusan rayon menulis nama kandidat di secarik kertas kemudian meletakkan dalam sebuah kotak yang disediakan panitia.

 

Kemudian presidium sidang dengan didampingi dua saksi, mendatangi Kiai Azaim selaku ketua majelis syuri untuk menentukan, siapa yang akan menjadi ketua umum. Terdapat tiga kandidat dengan suara terbanyak, yaitu Lora Syamsuddin, Ustadz Munif, dan Ustadz Isfironi. Kemudian dilakukan istiharah untuk meminta petunjuk kepada Allah siapa ketiga nama terbaik tersebut untuk menjadi ketua umum Iksass.

 

Hasil istiharah, Lora Syamsuddin muncul isyarah QS. Al-Haj: 70. Ustadz Munif, muncul isyarah QS Al-Hijr: 21, dan Ustadz Isfironi muncul isyarah QS An-Nur: 42. “Isyarah dalam QS Al-Hijr: 21 melambangkan kemakmuran bumi atau kesejahteraan; maka dengan mungucapkan bismillahirrahmanirrahim, saya memilih Ustadz Munif untuk menjadi ketua umum tanfidzi PP Iksass periode 2018-2022,” dawuh Kiai Azaim.

 

Menurut Kiai Azaim, pemilihan ketua Iksass dengan model seperti itu karena Iksass berorientasi pengabdian bukan kekuasaan. Untuk lebih mengoptimalkan pengabdian pengurus Iksass maka PP Iksass membentuk 9 zona yang akan mengkoordinasi rayon sesuai dengan daerahnya.

 

Tadi malam juga disepakati tim formatur yang akan menyusun kepengurus Iksass masa khidmah 2018-2022. Tim formatur tersebut yaitu ketua umum majelis syuri, ketua umum majelis tanfidzi, ketua rayon Banyuwangi, ketua rayon Situbondo, ketua rayon Bondowoso, ketua rayon Jember, ketua rayon Lumajang, dan dua utusan perempuan.