Pondok Berlimpah Barokah, Santri Harus Baca Biografi Kiainya

SYAMSUL A. HASAN Selasa, 26 Juni 2018 09:27 WIB
506x ditampilkan Kabar Pesantren

Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo merupakan salah satu pondok pesantren yang penuh barokah dan tempat belajar memperdalam ilmu keagamaan yang agung. Kita diharapkan untuk selalu menghadirkan dan mengingat kepada masyayikh Salafiyah Syafi’iyah. Di antaranya dengan membaca biografi para kiai tersebut.

 

Demikian salah satu nasihat Syaikh Dr. Muhammad bin Ismail Al-Yamani kepada para santri, ustadz, wali santri, dan masyarakat di Masjid Ibrahimy Sukorejo kemarin. Menurut penilian Syaikh Muhammad Al-Yamani, Pondok Sukorejo tumbuh besar dan penuh barokah karena Pondok Sukorejo dibangun dan dikembangkan berdasarkan nilai-nilai keikhlasan serta muassis dan masyayikh Salafiyah Syafi’iyah hanya mengharap ridha Allah.

 

Menurut Syaikh Muhammad dari Makkah tersebut, Pondok Sukorejo merupakan tempat yang penuh barokah karena Pondok Sukorejo tempat ribuan santri yang mengkaji dan memperdalam ilmu keagamaan. Pondok Sukorejo juga tempat ziarah dan berdoa yang selalu dikunjungi orang-orang. Sehingga Pondok Sukorejo menjadi teduh dan penuh barokah.

 

Keagungan Sukorejo juga tidak lepas dari kebesaran masyayikh Salafiyah Syafi’iyah. Karena itu, Syaikh mengharap agar para santri Sukorejo selalu menjaga hubungan ruhaniyah dengan mereka. Santri Sukorejo diharapkan selalu menghadirkan dan mengingat kembali para masyayikh. Di antaranya melalui tawassul dan membaca buku biografi beliau. “Jangan sampai melupakan mereka,” imbuhnya.

 

Kiai Azaim, sangat gembira dengan kedatangan Syaikh Muhammad tersebut. Menurut Pengasuh Pondok Sukorejo tersebut, hubungan Pondok Sukorejo dengan beliau mulai terjalin sejak era Kiai As’ad dan Syaikh Ismail, ayahanda Syaikh Muhammad.