Alhamdulillah Pondok Sukorejo Aman dari Gempa

SYAMSUL A. HASAN Kamis, 11 Oktober 2018 16:31 WIB
806x ditampilkan Berita

Alhamdulillah Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo, tadi malam diberi keselamatan dan terhindar dari bencana gempa bumi. Para santri tetap tenang dan dapat melaksanakan kegiatan pesantren sebagaimana biasa. Karena itu Pengurus Pesantren, melalui Lora Ach. Fadlail, sekretaris pesantren menghimbau kepada seluruh alumni, walisantri, dan simpatisan Sukorejo untuk tetap tenang dan tetap berdoa untuk keselamatan bersama. “Walisantri tidak perlu khawatir dan panik namun tetap berdoa agar bangsa Indonesia, khususnya keluarga Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo dihindarkan dari segala macam marabahaya dan bencana,” imbuh Ra Dlail.

 

Menurut Ra Dlail, walau malam itu terjadi gempa bumi para wali santri tetap tenang dan khusuk menjalankan ibadah dan kegiatan pesantren. misalnya, para santri tetap menjalankan ibadah qiyamul lail dan pembacaan tarhim yang dimulai pukul 01.30 Wib sampai 03.30 Wib. Begitu pula, pagi harinya tetap menuntut ilmu di madrasah.

 

Sebagaimana yang dirilis oleh Pusdalops BPBD Situbondo, gempa bumi dengan kekuatan magnitudo Mw6,3 mengguncang wilayah Jawa Timur dan Bali pada Kamis (11/10/2018) pukul 01.44.57 WIB. BMKG melaporkan episenter gempabumi terletak pada koordinat 7,47 LS dan 114,43 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 55 km arah timur laut Kota Situbondo, Kabupaten Situbondo, Propinsi Jawa Timur pada kedalaman 12 km. Gempa tidak berpotensi tsunami.

 

Guncangan gempa dirasakan cukup kuat oleh masyarakat Situbondo selama 2-5 detik. Masyarakat berhamburan keluar rumah.

 

Posko Pusdalops BPBD Situbondo hingga pukul 11.10 Wib (11/10/2018) mengkonfirmasi Data sementara dampak gempa dilaporkan 8 Bangunan Rusak Ringan namun tidak ada korban jiwa di wilayah Kabupaten Situbondo