Santri Sukorejo Peringati Hari Santri dengan Segudang Prestasi

SYAMSUL A. HASAN Sabtu, 20 Oktober 2018 08:47 WIB
384x ditampilkan Berita

Santri-santriwati Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo, dalam menyambut hari santri ini, menorehkan beberapa prestasi dalam bidang keilmuan; baik tingkat regional maupun internasional. Mereka menunjukkan kualitasnya dalam bidang tilawatil qur’an, qira’atul qutub, maupun dalam karya tulis ilmiah.

 

Pada kegiatan “Communication Festival Komunikasi dan Penyiaran Islam” bidang  “Musabaqah Tilawatil Qur'an Se-Jatim Jateng”  yang diadakan di Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang pada 18-19 Oktober 2018, para santri Sukorejo cukup mendominasi. Mereka adalah Yuliana (Juara II) dan Husnul Khotimah (Juara III). Sedangkan peserta putra, Taufiq (Harapan 1)

dan Ardiansah (harapan II).

 

Pada kegiatan hari santri nasional yang diselenggarakan Pemkab Situbondo dan PCNU Situbondo, yang pesertanya dari Kabupaten Situbondo, Probolinggo, Bondowoso, dan Jember, santri Sukorejo juga mendominasi. Para santriwati Sukorejo yang memenangkan Musabaqoh Qiraatul Kutub Cabang Fathul Qorib adalah  Wafiqotul Hasanah (Juara I, Madrasah I’dadiyah Sukorejo), Nuril Firdausiyah (Juara II, Ma’hadul Qur’an), dan Siti Romlah (Juara III, Ma’hadul Qur’an).

 

Sedangkan santri putra  memborong seluruh piala, yaitu:  Robith (Juara I), Hasan Fahmi (Juara II), Abdul Wasik (Juara III), Muhammad Talkhis (Juara Harapan I), dan Dzulqornain (Juara Harapan II).

 

Sedang dalam bidang karya tulis ilmiah, paling tidak,  terdapat delapan santri Sukorejo yang mempresentasikan hasil penelitiannya dalam konferensi internasional. Mereka mempresentasikan dalam International Conference on Pesantren Studies 2018, Muktamar Pemikiran Santri Nusantara, di Yogyakarta pada tgl 10-12 Oktober yang lalu. Mereka menulis tentang fiqh, ekonomi Islam, politik kaum santri, dan kaum perempuan pesantren.