Penulisan Kaligrafi Deklarasi Hubungan Islam Pancasila, Pecahkan Recor Muri

SYAMSUL A. HASAN Senin, 22 Oktober 2018 11:08 WIB
185x ditampilkan Berita

Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo, pada hari Santri 2018, memecahkan rekor Museum Dunia Indonesia (MURI) dalam penulisan Kaligrafi Tulisan Arab, “Deklarasi tentang Hubungan Islam dengan Pancasila”. Penulisan kaligrafi ini, menurut MURI, bukan saja memecahkan rekor tingkat nasional tapi juga tingkat dunia. “Semoga penulisan kaligrafi ini menginspirasi para pemuda untuk menjaga dan melestarikan Pancasila,” ujar MURI.

 

Menurut Kiai Azaim, Pengasuh Pondok Pesantren Sukorejo, kaligrafi tersebut berukuran 27 x 9 meter. 27 memiliki makna, Muktamar ke-27 NU di Sukorejo. Angka 9 memiliki pengertian walisongo. Sedangkan kaligrafi tersebut dikerjakan oleh 17 santri yang mengandung makna jumlah rakaat dalam shalat, tanggal nuzulul qur’an, dan tanggal kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus.

 

Penulisan kaligrafi tersebut selama 22 hari, yang mengandung makna hari santri tanggal 22 Oktober. Kaligrafi tersebut juga diangkut oleh 313 santri sambil membaca Basmalah sebanyak 313, yang mengandung pengertian jumlah Pahlawan Badar.

 

Sedangkan penyangga kaligrafi, terbuat dari tujuh tiang besi yang memiliki arti jumlah 7 ayat Al-Fatihah, 7 lapisan langit, jumlah hari dalam sepekan, dan jumlah ayat kun fayakun.