Sukorejo Raih Pesantren Unggulan dalam Festival Ekonomi Syariah 2019

SYAMSUL A. HASAN Selasa, 12 November 2019 08:27 WIB
938x ditampilkan Berita

Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo meraih Juara III Pesantren Unggulan Regional Jawa Timur, pada Festival Ekonomi Syari’ah (Fesyar) Indonesia 2019. Kegiatan Fesyar Indonesia 201 9 berlangsung pada 6-9 November 2019 di Grand City Convention Hall & Exhibition Center Surabaya. Penerimaan Piala Juara III tersebut, langsung diterima oleh Ustadz Thohir Qolbi, sekretaris UD Assyarif.

 

Kepala Perwakilan BI Provinsi Jawa Timur Difi A. Johansyah menuturkan, gelaran Fesyar Indonesia 2019 terdiri dari Sharia Forum dan Sharia Fair. Sharia Forum merupakan rangkaian kegiatan seminar, workshop dan diskusi ekonomi syariah tingkat nasional, sedangkan Sharia Fair menghadirkan showcase produk ekonomi dan keuangan syariah yang mencakup halal services, moslem fashion, halal food, halal travel, integrated farming, serta talkshow dengan tokoh-tokoh inspiratif di bidang ekonomi dan keuangan syariah.

 

Kegiatan ini merupakan sebuah bentuk dukungan Bank Indonesia terhadap visi Indonesia sebagai pusat pengembangan ekonomi dan keuangan Syariah dunia. FESyar Indonesia 2019 kali ini mengangkat tema : Sinergi Membangun Ekonomi Syariah Indonesia. Penyelenggara FESyar merupakan salah satu sarana untuk menampilkan dan mempromosikan produk maupun kegiatan terkait ekonomi Syariah secara terstruktur di seluruh wilayah Indonesia.


 

Rangkaian kegiatan FESyar Indonesia 2019 meliputi Shari’a Economic Forum dan Shari’a Economic Fair. Cakupan kegiatan Shari’a Economic Forum merupakan forum berupa rangkaian seminar dengan area substansi mencakup Pemberdayaan Ekonomi Syariah, Pendalaman Pasar Keuangan Syariah/Pemberdayaan Islamic Social Finance, dan Edukasi/Kurikum Ekonomi serta Keuangan Syariah.


 

Adapun Shari’a Economic Fair merupakan rangkaian acara yang diisi dengan berbagai talkshow, lomba, penampilan seni dan budaya bernuansa Islam, serta expo produk unggulan dari berbagai provinsi di Jawa Timur.


 

Tidak hanya itu, dalam rangka mendukung peningkatan kapasitas ekonomi pelaku usaha syariah, Shari’a Economic Fair turut memfasilitasi kegiatan business matching berskala regional antara usaha besar dengan UMKM dan antar Lembaga keuangan.


 

Dalam acara Shari’a Economic Fair juga akan tambil berbagai hiburan dan acara yang dibawakan oleh public figure dan pakar ahli ternama yang akan memberikan pengetahuna kepada masyarakat luas tentang trend gaya hidup muslim modern yang dikemas dalam talkshop, workshop, demo tutorial, dan fashion show bertemakan: halal business, halal lifestyle, dan entrepreneurship.


 

Melalui langkah tersebut, peran Bank Indonesia dalam mendorong ekonomi dan keuangan Syariah untuk mendukung pertumbuhan dan ketahanan perekonomian daerah dan nasional diharapkan semakin meningkat.