Antisipasi Penyebaran Corona, Pondok Sukorejo Edarkan Bacaan Doa

SYAMSUL A. HASAN Rabu, 18 Maret 2020 15:55 WIB
416x ditampilkan Berita

Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo melakukan antisipasi penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) dengan meminta para santri dan keluarga besar Pondok Sukorejo untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah. Pondok Sukorejo mewajibkan para santri untuk membaca beberapa doa. Di samping itu, Pondok Sukorejo juga membatasi ijin pertemuan dan kunjungan walisantri sejak tanggal 18 sampai 31 Maret 2020 (14 hari).

 

Demikian salah satu poin surat edaran, yang ditandatangani oleh H. Ach. Fadlail, SH, MH. Adapun bunyi selengkapnya surat edaran tersebut, sebagai berikut:

 

Dalam rangka ikut serta dalam upaya pencegahan terhadap perkembangan dan penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19),  setelah melakukan kajian dari berbagai aspek, maka dengan ini kami menyampaikan kebijakan Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo sebagai berikut:

  1. Membatasi ijin pertemuan dan kunjungan walisantri ke pondok pesantren dengan segala macam keperluan sejak tanggal 18 s.d 31 Maret 2020 (14 hari).
  2. Membatasi kegiatan santri ke luar komplek pesantren dan kegiatan pesantren yang akan menghadirkan pembicara dari luar untuk sementara waktu.
  3. Kegiatan pendidikan dan pengajaran yang melibatkan tenaga pendidik dari luar area Sukorejo dalam bentuk tatap muka dialihkan atau diganti dalam bentuk penugasan atau lainnya.
  4. Mewajibkan kepada santri dan Keluarga Besar Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo untuk melakukan upaya bâthiniyah khususnya sejak tanggal 18 s.d 30 Maret 2020 baik melalui lembaga pendidikan, asrama atau lainnya, yaitu:
  1. Membaca al-Qur’an atau kitab Riyâdhus Shâlihîn dengan sistem hataman.
  2. Membaca Rawâtib al-Haddâd.
  3. Membaca do’a sebagaimana terlampir.
  1. Santri yang selesai melaksanakan tugas di luar pondok pesantren atau datang dari bepergian agar melakukan tes pemeriksaan di Klinik Idaman As’adiyah Pondok Pesantren.
  2. Santri dan Keluarga Besar Pondok Pesantren agar meningkatkan budaya hidup bersih, gerak badan, dan mengikuti petunjuk yang diatur oleh Bagian Kesehatan.
  3. Kegiatan pendidikan dan pelayanan di pondok pesantren mengikuti petunjuk sebagaimana diatur dalam Standar Operasional Prosedur (SOP) dan protokol pada masing-masing bidang.
  4. Hal-hal terkait dengan perkembangan upaya pencegahan penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) di Pondok Pesantren akan kami informasi lebih lanjut.
  5. Apabila ada hal-hal yang kurang jelas, silahkan menghubungi Bagian Humas Pesantren atas nama Bapak Samsul A. Hasan 081336262720.

Atas kebijakan ini, Pengurus Pondok Pesantren mohon maaf kepada semua pihak khususnya  wali santri, dan masyarakat. Semoga Allah melindungi kita semua dan membebaskan bangsa kita dari segala mara bahaya. 

 

DO’A –DO’A YANG HARUS DIBACA

 

Do’a - do’a yang harus dibaca oleh santri dan Keluarga Besar Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo untuk mecegah penyebaran COVID-19 dan mara bahaya lainnya

Pertama QS. al-Saba’ ayat 23:

وَلاَ تَنفَعُ الشَّفَاعَةُ عِندَهُ إِلاَّ لِمَنْ أَذِنَ لَهُ حَتَّى إِذَا فُزِّعَ عَن قُلُوبِهِمْ قَالُواْ مَاذَا قَالَ رَبُّكُمْ قَالُواْ الْحَقَّ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْكَبِيرُ

Kedua QS. Yasin  ayat 58, 7 kali

سَلاَمٌ قَوْلاً مِّن رَّبٍّ رَّحِيمٍ

Ketiga do’a:

Keempat shalawat thib al-qulûb 3 kali.

  • صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا وَعَافِيَةِ اْلأَبْدَانِ وَشِفَائِهَا وَنُوْرِ اْلأَبْصَارِ وَضِيَائِهَا وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

Membaca Do’a Qunût Năzilah setiap shalat 5 waktu.

اللّٰهُمَّ اهْدِنَا فِيْمَنْ هَدَيْتَ، وَعَافِنَافِيْمَنْ عَافَيْتَ، وَتَوَلَّنَا فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ، وَبَارِكْ لَنَافِيْمَاأَعْطَيْتَ، وَقِنَابِرَحْمَتِكَ شَرَّمَاقَضَيْتَ، فَإِنَّكَ تَقْضِيْ وَلَا يُقْضَي عَلَيْكَ، فَإِنَّهُ لَايَذِلُّ مَنْ وَلَيْتَ، وَلَايَعِزُّمَنْ عَادَيْتَ، تَبَارَكْتَ رَبَّنَاوَتَعَلَيْتَ، نَسْتَغْفِرُكَ وَنَتُوْبُ إِلَيْكَ

اَللّٰهُمَّ إِنَّا نَسْتَعِيْنُكَ وَنَسْتَغْفِرُكَ وَنَسْتَهْدِيْكَ وَنُؤْمِنُ بِكَ وَنَتَوَكَّلُ عَلَيْكَ وَنُثْنِى عَلَيْكَ الْخَيْرَ كُلَّهُ نَشْكُرَكَ وَلَا نَكْفُرُكَ وَنَخْلَعُ وَنَتْرُكُ مَنْ يَفْجُرُكَ اَللّٰهُمَّ اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَلَكَ نُصَليِّ وَنَسْجُدُ وَاِلَيْكَ نَسْعَى وَنَحْفِدُ نَرْجُوْ رَحْمَتَكَ وَنَخْشَى عَذَابَكَ إِنَّ عَذَابَكَ الْجِدَّ بِالْكُفَّارِمُلْحَقٌ

اللهمَّ إنِّا نعُوذُ بِكَ مِنْ جَهْدِ الْبَلَاءِ، وَدَرَكِ الشَّقَاءِ، وَسُوءِ الْقَضَاءِ، وَشَمَاتَةِ الْأَعْدَاءِ

اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ

Semoga Allah SWT menerima ikhtiyar kita.

بسم الله توكلنا على الله لا حول ولا قوة الا بالله