Waspada Penipuan Atas Nama Kiai Azaim

SYAMSUL A. HASAN Sabtu, 22 Agustus 2020 11:24 WIB
5587x ditampilkan Berita

Penipuan atas nama K.H.R. Ach. Azaim Ibrahimy, Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo kembali terjadi. Kali ini, akun media sosial dengan nama Gus Aribillah dengan foto Kiai Azaim, berpakaian putih. ”Disampaikan dengan hormat kepada seluruh masyarakat, bahwa Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo, KHR. Ach. Azaim Ibrahimy tidak pernah memberikan layanan atau petunjuk dana ghaib dan semacamnya sebagaimana akun media sosial atas nama Gus Aribillah,” ujar Lora Fadlail, sekretaris pesantren.

 

 

Menurut Ra Fadlail, sungguh hal itu merupakan modus penipuan untuk mencari keuntungan pribadi. Ini adalah perilaku tidak terpuji, merugikan orang lain, dan mencederai nama baik Pengasuh dan Pondok Pesantren.  Hal serupa, juga pernah terjadi dan pengurus pesantren telah melaporkan kepada pihak berwajib,” tutur Ra Dhail.

 

Ra Dhail memohonon kepada semua masyarakat agar senantiasa hati-hati dan waspada jika menemukan hal serupa, serta melaporkan kepada kami melalui bagian humas 081386262720 atau pengurus pesantren yang lain.

 

Akun ini memakan korban, diantaranya orang Magelang yang kemarin datang ke Pondok Sukorejo. Dalam akunnya, Gus Aribillah menulis: “Assalamualaikum wr.wb tanpa panjang lebar saya jelaskan dan saya tidak memandang adad atau agama muslin non muslim…yg sedang mempunyai banyak masalah dengan kehidupan saudara yg sedang kejepit dengan Maslah utang piutang yg belum teratasi jangan mudah putus asa…setiap masalah itu pasti banyak jalan keluar…dan saya KIYAI AZIM IBRAHIMY ATAU GUS ARIBILLAH…PENDIRI PONDOK PESANTREN SALAFIYAH SYAFI’IYAH SITUBONDO… Alhamdulillah atas zoaroh kami yg kuasa memberikan kami petunjuk kepada saya bisa melalui DANA GAIB, DANA BAROKAH. YB/UANG BALIK, PESUGIHAN ATM, PEMIKAT PRIA,WANITA….”

 

Kalau pembaca yang teliti pasti akun tersebut modus penipuan. Karena dalam sejarah Pondok Sukorejo, tidak pernah kiai atau pengasuh melakukan hal keji tersebut. Begitu pula nama Kiai Azaim sebagai pendiri pondok Sukorejo tidak benar, karena yang mendirikan Pondok Sukorejo Kiai Syamsul dan Kiai As’ad. Begitu pula, alamat beliau tertulis Sukorejo Kec. Asembagus dan banyak lagi keganjilan.