Peringatan Hari Assyuro Disemarakkan Bhenning-Al Wijdan

SYAMSUL A. HASAN Ahad, 30 Agustus 2020 08:44 WIB
410x ditampilkan Berita

Peringatan hari Assyuro di Pondok Sukorejo tadi malam berlangsung sangat semarak dan penuh khidmat. Hari Assyuro diisi dengan pembacaan istighfar, buka puasa bersama, dan setelah isya’ dilanjutkan dengan acara Sukorejo Bershalawat di Bulan Muharrom. “Kalau kalian nanti bermasyarakat, tolong lanjutkan tradisi pembacaan istighfar hari Assyuro ini,”  dawuh K.H.R. Ach. Azaim Ibrahimy, Pengasuh Pesantren Sukorejo.

 

Menurut Kiai Azaim, pembacaan istighfar ini merupakan tradisi ulama ahlussunnah wal-jamaah dan sebagai pembeda dengan kalangan lainnya dalam memperingati hari Assyuro. Karena itu, Kiai Azaim meminta kepada para santri Sukorejo, bila nanti mereka bermasyarakat hendaknya tradisi pembacaan istighfar tersebut diteruskan. Pembacaan istighfar tersebut diadakan di masjid Ibrahimy dan diikuti semua santri Sukorejo.

 

Setelah shalat Isya’ diadakan acara “Sukorejo Bershalawat di Bulan Muharrom”. Acara tersebut diadakan di depan kantor pesantren, diikuti ribuan santri putra dan putri. Kegiatan tersebut di samping pembacaan shalawat juga diselingi beberapa lagu petuah kepada para santri agar rajin dalam menuntut ilmu. Tak lupa juga pembacaan doa agar wabah COVID-19 segera berlalu.

 

Sukorejo Bershalawat yang diiringi Jam’iyyah Shalawat Bhenning dan Jam’iyyah Shalawat Al-Wijdan disambut gembira ribuan santri. Karena disamping sebagai ibadah juga berfungsi pelepas lelah bagi para santri di sela-sela menuntut ilmu di masa pandemic ini. “Apalagi saya sebagai santri baru, merasa terhibur dengan acara ini,” ujar salah seorang santri baru asal Banyuwangi.