Pondok Sukorejo Menghargai Aspirasi dan Hak Walisantri dalam Vaksinasi

SYAMSUL A. HASAN Kamis, 30 September 2021 19:39 WIB
1011x ditampilkan Berita

Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo sangat menghargai aspirasi dan hak para walisantri dalam masalah vaksinasi di pesantren. Dalam vaksinasi di pesantren, Pondok Sukorejo juga memperhatikan siapa saja santri yang layak mendapat vaksin dan siapa yang tidak boleh mendapat vaksin. Realalisasi vaksinasi pesantren, akan diinformasikan lebih lanjut. Pesantren Sukorejo juga mengucapkan terima kasih pemerintah yang sangat peduli kepada kesehatan warganya. Dalam masalah penanggulangan COVID-19, Pesantren Sukorejo memadukan sikap tawakkal dan upaya ikhtiar.

 

Demikian beberapa poin penting dalam Sosialisasi dan Edukasi Vaksinasi Pesantren kepada walisantri dan alumni via zoom tadi pagi. Acara tersebut dihadiri oleh KHR. Ach. Azaim Ibrahimy, Pengasuh Pesantren; KH. Afifuddin Muhajir, Wakil Pengasuh, dan dr. Syifa Mustika, Sp.PD (Ketua Satgas Covid-19 NU). Disamping itu, forpimda Situbondo.

 

Menurut Kiai Azaim, kegiatan tersebut digelar untuk mengetahui bagaimana respon wali santri terhadap vaksinasi yang akan digelar di Pesantren Sukorejo. Pesantren Sukorejo selama ini, belum menetapkan kebijakan tentang vaksinasi kepada para santri. Pesantren Sukorejo masih melihat bagaimana respon walisantri, karena di sana ada hak wali santri. Karena itu Pesantren Sukorejo melakukan dialog dengan mereka.

 

Dari respon kegiatan tadi, banyak wali santri, terutama yang berasal dari jauh mengucapkan terima kasih dan mendukung program vaksinasi. Karena dalam penilaian mereka, sertifikat vaksin menjadi salah satu persyaratan bepergian. Beberapa wali santri, ada pula yang “menolak secara halus”, dengan mempertanyakan apa sanksi bagi anaknya yang tidak melakukan vaksin.