Hati-Hati Penipuan FB yang Mengatasnamakan Kiai Azaim

akun-fb

Beberapa pekan belakangan ini  alumni, wali santri, dan simpatisan Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo digegerkan dengan sebuah akun facebook yang mengatasnamakan Ahmad Azaim Ibrahimy. Yang membuat mereka bertanya-tanya, akun tersebut melalui pesan inboxnya meminta kiriman pulsa. Sebagian alumni meminta klarifikasi ke pengurus Pesantren Sukorejo namun ada pula yang tanpa pikir panjang mengirim pulsa.

 

Kiai Azaim, kemarin mengklarifikasi hal tersebut di hadapan peserta Silaturrahim Pengasuh dan Wali Santri di Aula Pesantren. Kiai Azaim membantah keras, “Masak iya muka saya punya potongan meminta pulsa?” ujarnya.

 

Kiai Azaim mengatakan, ia tidak pernah meminta-minta untuk kepentingan pribadinya. Selama ini, hanya untuk kepentingan pengembangan Pondok Pesantren Sukorejo. Dana sumbangan tersebut juga bersifat resmi. Misalnya lembaran kuitansi yang diedarkan oleh PP Iksass untuk kepentingan pengembangan pondok pesantren.

 

Sukorejo.com mencoba untuk menelusuri akun tersebut. Dari sisi penampilan fisiknya memang nyaris sama dengan akun pribadi Kiai Azaim; sama-sama tertulis Ahmad Azaim Ibrahimy. Gambar latar dan profilnya sama. Hanya yang membedakan; kalau yang asli gambar profil sampai sebatas perut tapi yang palsu sebatas dada (silakan tengok gambar).

 

Akun yang asli tautannya di https://www.facebook.com/ahmadazaim.ibrahimy?fref=ts sedang yang palsu salah seorang teman melaporkan di //www.facebook.com/profile.php?id=100014505431319 tapi setelah diklik tenyata tertulis: Maaf, konten ini tidak tersedia saat ini.

Salah satu ciri yang lain, akun yang palsu sangat agresif untuk meminta “add” sebagai teman. Setelah itu, melalui inbox biasanya ia mengirimi pesan begini: “Bisa minta tolong isiin pulsa…. Soalnya disini ga ada yang jual pulsa telkomsel… mau isi pulsa dari m-banking sedang eror…soalnya ada yang mau dihubungi penting…soalnya pulsa bener-bener kosong…bagaimana bisa diisiin sebentar…ntar diganti uang pulsanya…Tolong ya”

Kemudian ia memberi nomor hp, “082272325838 isi 100ribu…Ntar kirim no reknya…Ntar diganti uang pulsanya…tolong ya”

Karena itu, Kiai Azaim mengharapkan agar hati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan dirinya tersebut. Pengurus Pesantren Sukorejo juga menghimbau semua alumni, walisantri, dan simpatisan agar hati-hati terhadap siapa pun meminta pulsa, dana, atau sumbangan yang mengatasnamakan Kiai atau Pondok Sukorejo; harus dilihat dulu dengan teliti atau langsung minta klarifikasi kepada PP Iksass dan Pondok Sukorejo.