Kiai Azaim: Kekuatan Alumni Menentukan Perkembangan Pesantren

Peran Alumni bagi perkembangan Pondok Pesantren sangat berarti. Jika Alumni pesantren tersebut kuat, maka pesantren juga ikut kuat. Itulah butir-butir pesan KHR. Ahmad Azaim Ibrahimy, pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo, dihadapan para pengurus pesantren pada malam rabu kemarin (15/04).

Menurut Kiai Azaim, kekuatan Alumni sangat dibutuhkan oleh pesantren dimanapun, tak terkecuali pesantren sukorejo. Maka, sudah menjadi kewajiban para alumni harus loyal kepada pesantren

Oleh karena itu, sambung Kiai Azaim, sudah seharusnya para alumni menjadi Ahlul As-Shofa Wal Wafa’ yaitu jiwa merasa bagian dari pesantren. Jika alumni sudah tidak merasa bagian dari pesantren, maka itu adalah tanda kehancuran pesantren.

Pesantren, tambah Kiai Azaim, jika sudah memiliki alumni, maka pesantren tersebut sudah sukses menjalankan fungsinya sebagai pusat keilmuan.

Maka tidak heran, jelas Kiai Azaim, Almarhum KHR. Ahmad Fawaid As’ad, dimasa hidup beliau, sangat perhatian kepad para alumni. Almarhum Kiai Fawaid, jika berkunjung ke beberapa daerah tidak pernah lupa menanyakan peran, serta kiprah alumni di daerah tersebut.