Fachri, Santri Salafiyah Asal Bali Telah Wafat

SYAMSUL A. HASAN Sabtu, 21 Mei 2022 09:32 WIB
3082x ditampilkan Berita

Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo kemarin mengalami duka mendalam, di akhir penerimaan santri baru gelombang pertama. Salah seorang santrinya, Achmad Fachri Al-Fadani telah wafat. “Innalillahi wa inna ilaihi rojiun, keluarga besar Pondok Sukorejo ikut berbela sungkawa atas wafatnya saudara Fachri. Semoga amal ibadahnya diterima di sisi Allah dan dosa-dosanya diampuni Allah serta ditempatkan di antara orang-orang yang syahid di jalan Allah,” ucap Ustadz Dr. Khairul Anwar, sekretaris pesantren.

 

Kepergian Fachri mengejutkan teman-temannya. Di mata teman-temannya, Fachri sosok yang rajin dan tekun beribadah. Bahkan dua hari sebelum wafat, yaitu hari Rabu, ia masih masuk madrasah ibtidaiyah dan SMP Ibrahimy I. Namun sorenya, ia mengalami sakit diare dan panas. Ia masih makan kemudian  minum paracetamol untuk menurunkan panasnya. Kamis dini hari, diarenya sudah sembuh tapi ia mengeluh nyeri pinggang dan sesak nafas. Setelah makan roti sehabis Jum’atan, ia ke kamar mandi dengan diantar temannya. Sekitar asyar, ia diantar teman-temannya berobat ke Klinik Idaman As’adiyah, milik pesantren yang berjarak satu kilo dengan pesantren. “Innalillahi wa inna ilaihi rojiun, ternyata ia meninggal di tengah perjalanan. Berdasarkan pemeriksaan luar jenazah oleh dokter, Saudara Fachri wafat karena gagal nafas,” ujar Ustadz Anwar.

 

Ungkapan bela sungkawa, juga dikemukakan oleh Kiai Achmad Fadlail, yang mewakili ahlul bait pesantren. “Insya Allah, semoga Allah mengampuni kesalahannya dan memberikan balasan atas kebaikan almarhum dengan balasan terbaik, yakni menempatkan almarhum di surga bersama para masyayikh Pesantren Sukorejo,” tutur Kiai Fadlail.

 

Jenazah Fachri disholati di Masjid Jami’ Ibrahimy oleh ribuan santri Salafiyah Syafi’iyah. Kemudian dikebumikan di tanah kelahirannya, Desa Pangambengan Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana, Bali. Fachri merupakan putra tunggal Bapak Suhardi. Ia lahir, 25 Nopember 2008. Fachri, tercatat sebagai santri Salafiyah Syafi’iyah setahun yang lalu di asrama A13.