Dosen Farmasi Paparkan Manfaat Tanaman Herbal Untuk Pengobatan Maag

SYAMSUL A. HASAN Ahad, 28 Januari 2024 05:54 WIB
111x ditampilkan Berita

oleh Zaehol Fatah, M.Kom (Kaum S3tv & Dosen Biasa) 

Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Ibrahimy (UNIB) Sukorejo Situbondo merupakan  fakultas yang yang memiliki 3 program studi unggulan yaitu Program study S1 Farmasi, S1 Kebidanan, dan Profesi Kebidanan. Bertepatan pada tanggal 27 Januari 2024 FIK UNIB khususnya program studi S1 Farmasi menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Masyarakat (PKM) yakni peningkatan pengetahuan tentang tanaman herbal atau yang biasa disebut dengan tanaman obat keluarga atau TOGA yang bertempat di gedung workshop SMK Ibrahimy 1 Sukorejo. 

Dalam PKM ini dihadiri oleh waka kesiswaan SMK Ibrahimy 1 Ulul Arham, M.Pd., perwakilan OSIS SMK Ibrahimy 1 Sukorejo dan segenap perwakilan siswa SMK Ibrahimy 1 Sukorejo berjumlah 60 siswa, dan Narasumber yang merupakan ahli di bidang farmasi, yakni Apt. Burhanudin Gasim Soka, S.Farm.,M.Farm.

Pukul 13.00 WIB kegiatan PKM dimulai dengan semangat dan guyub. Narasumber, Apt. Burhanudin Gasim Soka, S.Farm.,M.Farm., menjelaskan tujuan dari kegiatan ini, yakni pentingnya tanaman herbal bagi kehidupan sehari-hari, dengan diawali oleh moderator saudara Mohammad Wildan Azizi.

Pada kegiatan tersebut narasumber mengupas tuntas materi yang diberikan kepada para audien,  dijelaskan dengan runtut dan detail tentang tanaman TOGA, Fungsi tanaman TOGA bagi kehidupan sehari-hari, cara penggunaan tanaman TOGA untuk mengatasi beberapa penyakit Gastritis. Gastritis atau yang sering kita kenal ada sakit maag adalah peradangan yang terjadi pada lapisan dinding lambung dalam kantung nasi. Kondisi ini ditandai dengan adanya nyeri di bagian ulu hati. Jika dibiarkan secara terus menerus, gastritsi dapat menimbulkan komplikasi serius, seperti tukak lambung.

Narasumber juga menjelaskan beberapa jenis-jenis tanaman TOGA untuk mengatasi penyakit gastritis seperti tanaman jahe, kunyit, gingseng, akar kayu manis, pala, temulawak, temu putih dan beberapa tanaman lainnya.

Dalam suasana yang penuh interaksi dan menyenangka, acara ini dikemas dengan sistem tanya jawab, memberikan kesempatan kepada peserta untuk berdialog langsung dengan Narasumber. 

Dalam sesi tanya jawab, terdapat banyak pertanyaan menarik yang diajukan oleh beberapa peserta. Keberhasilan acara ini juga terlihat dari raut wajah kepuasan para peserta yang mendapatkan bingkisan doorprize dari setiap pertanyaan yang  diajukan kepada  narasumber. 

Sebagai tambahan, acara ini juga menampilkan video profil FIK UNIB. Video ini bertujuan untuk memperkenalkan fakultas yang menarik kepada para peserta, sehingga dapat lebih dipahami peran dan kontribusi fakultas dalam pengembangan ilmu kesehatan.

Apt. Burhanuddin Gasim Soka, S.Farm.,M.Farm. sebagai narasumber, menyampaikan harapannya untuk menjalin kerjasama lebih lanjut dengan SMK Ibrahimy 1 Sukorejo dan berharap agar kolaborasi ini dapat menciptakan praktik-praktik inovatif dalam pembuatan produk yang memiliki efek terapeutik terhadap pasien atau masyarakat yang menderita penyakit gastritis.

"Tujuan akhirnya nanti adalah kita akan membuat produk obat-obatan yang bisa menghilangkan sakit Maag",  pungkas apt. Burhanuddin Gasim Soka, S.Farm.,M.Farm saat diwawancarai. 

Selanjutnya kegiatan ditutup dengan momen yang penuh kebersamaan, yakni foto bersama antara narasumber, dan para peserta. Kegiatan PKM ini tidak hanya meninggalkan kesan positif dalam pengetahuan mengenai tanaman herbal, tetapi juga memperkuat hubungan antara Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Ibrahimy dengan SMK Ibrahimy 1 Sukorejo. Kegiatan PKM menjadi bukti nyata dari komitmen FIK UNIB dalam memberikan edukasi yang bermanfaat kepada masyarakat, sekaligus menciptakan sinergitas yang bermanfaat dan saling mendukung antara dunia pendidikan dan industri kesehatan.