Haru Membiru, Haul Ke-19 Nyai Hajjah Zainiyah As'Ad

ADMINPESANTREN Senin, 29 Januari 2024 08:13 WIB
353x ditampilkan Berita

Oleh Zaehol Fatah (Kaum S3tv)

 

Perlahan namun pasti undangan dan masyarakat berdatangan ke Pondok Pesantren Salafiyah Al-As'adiyah Belikeran untuk mengikuti haul ke-19 Nyai Hj Zainiyah As'ad di Desa Kertosari, Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo (28/01). Di pesantren yang lebih dikenal dengan pesantren Belikeran, hari ini terasan kental sekali nuansa khusuk dalam menyambut haul Nyai Hj. Zainiyah As'ad.  Acara tahunan ini dimulai pada  pukul 13.00 WIB.

 

Jam'iyah Shalawat Alwijdan mengawali acara dengan pembacaan shalawat bersama, mengundang kehadiran spiritual yang begitu kental. Keberadaan keluarga PP. Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo, para tamu undangan, dewan guru, dosen, masyarakat Desa Kertosari, dan simpatisan, menjadi saksi kekhusyukan yang menyelimuti acara. Momentum dimulai dengan pembacaan Bilfatiha yang disampaikan dengan khidmat oleh Habib Abdullah Al Jufri.

 

Rangkaian acara dilanjutkan dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Quran yang disampaikan oleh vokalis Jamiyah Shalawat Al Wijdan yaitu Ustad Daud Faizun. Suasana semakin sakral dengan pembacaan Surah Yasin dan tahlil yang dibacakan bergiliran oleh KH. Ahmad Dhoifi Ibrahimy dan dilanjutkan KH. Muhammad Jufri.

 

Sambutan dan pembacaan manakib Nyai Hj. Zainiyah As'ad menjadi momen yang menggetarkan hati. Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo, KHR. Ahmad Azaim Ibrahimy, menggambarkan dengan indah sosok Nyai Hj. Zainiyah As'ad. Seakan alam turut mendengarkan, hujan gerimis mulai turun pada pembacaan manakib. Para undangan dan masyarakat yang hadir menyimak dengan seksama pembacaan manakib tersebut.

 

Acara dilanjutkan dengan Maidhatul Hasanah dari KH. Syaiful Islam Al-Payage, seorang ulama muallaf terkemuka asal Papua, yang kini menjadi Ketua MUI (Majelis Ulama Indonesia) di provinsi Papua, wilayah paling timur Indonesia Raya. Dalam penyampaiannya, beliau mengangkat beberapa aspek kesaksian kedermawanan, akhlak mulia, kesabaran dan perjalanan hidup Nyai Hj. Zainiyah As'ad, yang juga merupakan putri dari pahlawan nasional di ujung timur Pulau Jawa, KHR. As'ad Syamsul Arifin, diabadikan sebagai sosok inspiratif yang telah memberikan kontribusi besar bagi masyarakat dan kehidupan di sekitarnya. Haul ke-19 Nyai Hj. Zainiyah As'ad ini juga mengukir jejak berharga dalam sejarah perjalanan spiritual dan kemanusiaan.

 

"Masya Allah, kamu tidak usah mikir apa-apa, semoga kamu menjadi orang hebat di Papua", Ucap Nyai Hj. Zainiyah As'ad kenang KH. Syaiful Islam Al-Payage saat dikenalkan sebagai anak Angkat oleh KHR. Achmad Fawaid As'ad kepada Mbaknya yaitu Ny. Hj. Zainiyah As'ad.

 

Kemudian KH. Syaiful Islam Al-Payage melanjutkan, "Saya kalau bertemu dengan almarhumah pasti dikasih uang, Bu Nyai neka sabarnya luar biasa'".